Sejarah Perkembangan Akuntansi Di Indonesia & Dunia

Pertemuan Pertama
               Hai Anak-anak akuntansi yang ada di Indonesia, ini adalah tulisan saya di blog Arsip Akuntansi untuk yang pertama kalinya yang membahas masalah Ilmu Akuntansi setelah sebelumnya memposting perkenalan tentang blog Arsip Akuntansi. Okey kita lanjut ke topik pertemuan kali ini, yaitu membahas tentang “Sejarah Perkembangan Akuntansi Di Indonesia Dan Dunia ”. Akuntansi mulai dikenal sebagai ajaran dan ilmu pada akhir abad ke-14 dengan diterbikatnya sebuah buku yang berjudul “Summa de Arithmatica, Geometrica, Proportioni et Proportionalita” Oleh Lucas Paciolo. WoW, panjang sekali ya judulnya, saya sendiri sekali membaca nya mungkin tidak langsung bisa mengingatnya. Senyum dengan mulut terbuka

               Buku ini membahas masalah matematika, tetapi ada satu bab yang berjudul “Tractatus de Computis et Scriptorio” yang membahas masalah tentang dasar akuntansi. Sedangkan Sejarah Di Indonesia, Akuntansi mulai di ajarkan di SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan) sekitar tahun 1976. Perkembangan tersebut mengakibatkan akuntansi semakin dikenal sehingga semakin banyak pula perusahaan yang menggunakannya. Perkembangan Akuntansi begitu pesat seiring dengan meluasnya ruang lingkup manusia bermasyarakat, khususnya dalam dunia bisnis dan manajemen.
               Sejalan dengan perkembangan bisnis yang semakin pesat serta kebutuhan informasi ekonomi dalam pengambilan keputusan untuk perkembangan perusahaan, peranan informasi yang bersifat keuangan pun semakin diperlukan oleh perusahaan. Perana Akuntansi dalam membantu kelancaran tugas manajemen sangat diperlukan, khususnya dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengawasan. Itulah sebabnya akuntansi dirasa semakin diperlukan untuk mendukung kelancaran operasi perusahaan. Para usahawan dan pebisnis semakin berminat untuk mempelajari akuntansi serta mencari tenaga kerja dibidang keuangan yang benar-benar memahami dan terampil dalam keuangan.
              Begitulah sejarah singkat akuntansi di indonesia dan di dunia. Akuntansi memang tidak ada habisnya untuk kita pelajari. Oleh karena itu kunjungi terus blog ini, karna masih banyak ilmu akuntansi yang ingin saya bagikan kepada kalian. Khususnya buat kalian yang baru mengenal akuntansi. Dan buat para Master Akuntansi harap bimbingannya kepada blog ini. jika ada tulisan dan pelajaran yang saya tuliskan keliru, mohon kritiknya di kolom komentar. saya sangat menghargai komentar anda. mungkin sampai disini dulu artikel saya kali ini, mungkin postingan selanjutnya Insya Allah akan membahas “Memahami Dasar-Dasar Akuntansi” .
Akuntansi Bisa !!!

1 Response to "Sejarah Perkembangan Akuntansi Di Indonesia & Dunia"

Categories