Macam-Macam Profesi Dalam Akuntansi

blogger templates

Setelah sebelumnya kita sudah mempelajari tentang “Pengertian Akuntansi”. Sekarang kita lanjutkan dengan mempelajari “Macam-Macam Profesi Dalam Akuntansi”. Hal ini tidak kalah penting nya dengan pengertian akuntansi. sebelum kita mendalami atau sebelum kalian ingin mengambil jurusan akuntansi. kalian harus berpikir kedepan dulu. Kalau saya mengambil jurusan akuntansi, nantinya saya mau berprofesi sebagai apa ? apakah saya mampu menyandangnya ? sebelum anda memutuskan ada baiknya mengetahui terlebih dahulu macam-macam profesi akuntansi. Jika tidak ada yang cocok silahkan jangan dilanjutkan untuk kebaikan masa depan anda.

Orang yang mempunyai keahlian dalam bidang akuntansi disebut akuntan. Akuntan mempunyai keahlian dalam bidang :

a. Teori akuntansi

b. Akuntansi biaya

c. Pengauditan

d. Sistem akuntansi

e. Perpajakan

f. Sistem informasi manajemen

g. Akuntansi keuangan

h. Ekonomi perusahaan

Bidang profesi akuntan dapat digolongkan menjadi empat bagian, yaitu :

1. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah sebuah profesi yang membuka praktik untuk melayani kebutuhan masyarakat atau pihak-pihak yang membutuhkan keahliannya dengan menerima honor. Tugas seorang akuntan publik, antara lain sebagai pemeriksa (audit) yang meliputi penyusunan sistem akuntansi, memberikan penyempurnaan organisasi perusahaan, dan memberi nasihat-nasihat lain yang berkaitan dengan masalah ekonomi perusahaan, misalnya membuat budget dan feasibility study untuk memperoleh kredit.

2. Akuntan Swasta

Akuntan swasta adalah akuntan yang bekerja di perusahaan-perusahaan swasta sebagai penasihat atau pembantu tugas-tugas pemilik atau pemimpin perusahaan yang bersangkutan. Tugas akuntan swasta adalah mengatur pencatatan, membuat laporan keuangan, dan membuat sistem akuntansi perusahaan dan pemeriksaan intern.

3. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada badan-badan pemerintah terutama bertugas mengawasi keuangan milik negara. Badan yang sangat membutuhkan jasa akuntan pemerintah, antara lain Bada Pemeriksa Keuangan Negara dan Direktorat Akuntan Negara.

4. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang menjadi tenaga pengajar diperguruan tinggi dan bertugas mengembangkan pendidikan akuntansi. Mereka umumnya tidak semata-mata mengajar, tetapi merangkap dengan pekerjaan lain, misalnya dengan membuka praktik untuk melayani kebutuhan masyarakat atau pihak-pihak yang membutuhkan keahliannya.

Itulah ke’empat profesi jika kalian ingin mendalami ilmu akuntansi. Jika profesi-profesi yang saya sebutkan di atas tadi cocok dengan kepribadian anda, atau anda memang menyukainya. Tunggua apa lagi, silahkan dalami ilmu akuntansi. Anda bisa sharing di blog ini, karna jika kita sharing saat belajar. Insya allah belajar menjadi lebih asik dan lebih bersemangat. Mungkin sampai disini dulu postingan saya kali ini. Seperti biasa , Sampai jumpa dan Salam AKUNTANSI !!

Sumber : Buku Persamaan Dasar Akuntansi Siswanto, M.Pd.

2 Responses to "Macam-Macam Profesi Dalam Akuntansi"

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 kak, makasih juga sudah berkunjung di blog saya..

      Saya masih smk kelas XI jurusan akuntansi..

      Delete

Powered by Blogger.