Siklus Pencatatan Akuntansi Dagang Dan Jasa

Sebelum mempelajari Akuntansi lebih dalam, sebaiknya kita lihat dulu rangkaian Siklus Pencatatan Akuntansi Perusahaan Dagang Maupun Perusahaan Jasa. Hal ini sangat penting untuk menentukan arah kita belajar. Sehingga kita tahu apa yang akan kita pelajari nanti. Sebagian guru mengajar didepan kelas, tanpa memberitahu kepada muridnya apa yang sedang di pelajari. Pernah kan anda mengalami hal tersebut ? sang guru sangat asik menjelaskan. Tapi sang murid tidak tahu apa yang sedang dibicarakan sampai2 membuat mengantuk. Dibuku saja tidak ada yang dicatat, judul nya saja tidak tahu apa yang sedang dipelajari ?

Karena saya pernah mengalami belajar seperti itu, oleh karena itu saya tidak akan melakukannya kepada murid2 ArsipAkun saya disini ( Menghayal Jadi Guru). Okey, langsung saja kita lihat dulu siklus yang sudah saya buat dengan bantuan Microsoft Word dan Photoscape dibawah ini :

clip_image001

Harap maklum ya gambarnya acak2an, tapi tenang saja itu asli buatan saya hasil mencontek kitab akuntansi saya waktu kelas X. Untung buku nya tidak hilang, sengaja saya arsipkan buat kuliah nanti (Aminn). Pasti muncul banyak pertanyaan di pikiran kalian ! apa itu Buku Besar ? Apa itu Jurnal ? Apa itu neraca ? jika anda baru mengenal akuntansi , memang wajar kalian bingung karena istilah2 tersebut terdengar asing ditelinga kalian bukan. Tapi saya rasa kalau transaksi pasti kalian sudah tau dong ya. Orang biasa saja tahu kok apa itu transaksi. Kalian berbelanja di pasar adalah contoh kecil transaksi.

Silahkan kalian lihat lagi gambar diatas! Benar-benar lihat ya , jika sudah. Maka itu lah yang akan kita pelajari nanti di blog ini secara bersama. Tentunya dengan saran dan kritik kalian atau pertanyaan di kolom komentar. Memang hal tersebut akan kalian pelajari di sekolah, tapi jika belajar disini lebih asik. Karena kita bisa sharing bersama. Dan yang pasti dbantu oleh saya sebagai admin blog ini. Tenang saja saya tidak bermaksud menggurui kalian. Saya hanyalah seorang siswa SMK Jurusan Akuntansi.

Untuk penjelasan poin2 yang ada dalam gambar siklus diatas, silahkan tunggu artikel blog ini episode selanjutnya. Oo iya baru ingat, siklus yang di atas itu adalah Siklus Pencatatan Akuntansi Perusahaan Dagang tapi tidak jauh beda dengan Siklus Pencatatan Perusahaan Jasa. Menurut pengalaman saya, cukup dihilangkan Jurnal Khusus nya saja. Karena dalam transaksi perusahaan jasa tidak memerlukan jurnal khusus. Jika ada kesalahan silahkan komentar ya, jangan diam saja. Yang komentar dikasih nilai plus sama bapak guru. Hhaha

Okey sobat arsip akun semoga bermanfaat ya, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.terimakasih atas perhatian anda.

“CATATAN PENTING”

Sekali lagi, Untuk Siklus Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa = Hilangkan Jurnal Khusus. Karena dalam perusahaan jasa tidak memerlukan jurnal khusus.

0 Response to "Siklus Pencatatan Akuntansi Dagang Dan Jasa"

Post a Comment

Categories