Pengertian Dasar Akuntansi

           Setelah kemarin kita telah belajar masalah sejarah akuntansi. Sekarang saya akan mengajak kalian untuk mengetahui tentang pengertian akuntansi. Sebelum kita mempelajari jauh tentang akuntansi. Kita perdalam dulu pengertian nya. Kalau menurut saya sendiri sih pengertian “Akuntansi itu adalah suatu ilmu yang bertujuan untuk menciptakan informasi keuangan dalam suatu organisasi tertentu”. Itu pengertian menurut saya pribadi, nanti kalau ada soal yang nanyain tentang pengertian akuntansi. Jangan dijawab menurut pengertian saya ya ! nanti saya yang malu kalau salah, hhehe

Kalau menurut buku yang saya pelajari begini pengertiannya. “Akuntansi adalah pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, penggolongan, peringkasan, penyajian, dan penafsiran transaksi keuangan dalam suatu unit organisasi dengan cara tertentu dan bertujuan untuk menghasilkan informasi yang relevan bagi pihak yang menggunakannya”. Tuh kan pengertiannya kurang lebih sama aja sama pengertian dari aku pribadi. Malahan lebih mudah yang punya aku. Tapi yang paling bener itu ya tetap dari buku sih. :D

Kegiatan pencatatan akuntansi bersifat rutin dlakukan oleh seorang akuntan. Karena kalau tidak rutin, takutnya kita akan lupa akan data-data yang kita ingin catat dikemudian hari. Misalkan kita bekerja di suatu perusahaan, perusahaan tersebut mempunyai 1 bukti kas keluar (BKK) pada tanggal 5 januari 2013. BKK tersebut harus langsung kita catat pada tanggal tersebut juga didalam buku jurnal.

Akan tetapi zaman sudah berkembang dengan pesat. Teknologi sangat cepat berkembang, dulu saja orang mengetik dengan mesin ketik yang jika terjadi kesalahan maka mau-tidak mau kita harus menghapusnya dengan Tipe-X.tapi sekarang sudah ada komputer, jika terjadi kesalahan sangat mudah tinggal di Undo saja (Ctrl+Z). Nah begitu juga dengan akuntansi. Akuntansi sekarang sangat berkembang. Sudah banyak software akuntansi yang bermunculan.software ini sangat memudahkan seorang akuntan. Karena untuk melakukan jurnal kita tidak perlu repot-repot lagi menulis dengan tangan. Cukup masukan saja angkanya seperti memencet kalkolator. Ditambah lagi jika ingin membuat laporang keuangan tinggal print saja. Contohnya software yang saya pakai adalah Myob Acounting.

Gambar 1 Alur Terjadinya Proses Akuntansi

Itulah pembahsan dari saya tentang Pengertian Dasar Akuntansi. Jika kalian punya ilmu yang lebih tentang pengertian akuntansi, silahkan share di kolom komentar. Karna ilmu kalian akan sangat berguna jika dibagikan kepada orang lain. Buat apa punya ilmu jika tidak dibagikan ke orang lain. Oh, iya saya baru ingat. Dulu saya punya tugas dari sekolah, tugasnya membuat presentasi dengan Microsoft power point. Tema nya tentang akuntansi, dalam tugas itu saya mengambil tema tentang pengertian dasar akuntansi. Nah biar makin paham dengan akuntansi, silahkan saja download materi yang saya buat dalam bentuk power point. Mungkin akan lebih mudah dipahami, karena saya sajikan dengan tambahan gambar pasti lebih asik dong. Kalau berminat buat download , silahkan klik link dibawah ini>>

>>DOWNLOAD<<

Semoga bermanfaat!!

 

Sumber : Buku Persamaan Dasar Akuntansi Siswanto, M.Pd.

0 Response to "Pengertian Dasar Akuntansi"

Post a Comment

Categories