Macam-Macam Tugas Dari Setiap Profesi Akuntansi


Pada pelajaran sebelumnya kita telah belajar bersama tentang Macam-Macam Profesi dalam Akuntansi. Sekarang saya akan mengajak kalian untuk mengetahui setiap tugas yang dilakukan oleh macam-macam profesi tersebut. Tentu kalian ingin tau bukan, setiap profesi akuntansi tentu lah mempunyai tugas yang berbeda-beda. Langsung saja kita bahas satu persatu :
1. Akuntansi Keuangan ( Financial Accounting )
Akuntansi keuangan biasanya bertugas mencatat transaksi keuangan perusahaan dan menyusun laporan keuangansecara berkala dari pencatatan yang sudah di arsipkan sebelumnya. Penyusunan laporan keuangan tersebut berguna bagi pihak-pihak yang membutuhakan, seperti kreditur, pemilik, manajemen, dan pemerintah.
2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)
Pemeriksaan akuntansi adalah suatu bidang kegiatan akuntansi yang berkaitan dengan pemeriksaan secara bebas atas data akuntansi yang dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meneliti kecermatan, kebenaran daftar-daftar, catatan, bukti-bukti usaha perusahaan, dan menilai kebenaran laporan keuangan pada saat tertentu. Biasanya dalam suatu perusahaan terdapat dua Auditing. Yang pertama adalah auditing internel dan yang kedua adalah auditing external.
3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Akuntansi biaya bertugas menentukan kos produk atau harga pokok produk secara tepat. Informasi ini sangat berguna bagi manajemen untuk membuat perencanaan dan pengendalian biaya.
4. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
Akuntansi pemerintah bertugas melakukan pencatatan yang teratur atas penerimaan dan pengeluaran negara. Akan tetapi akuntansi pemerintahan hanya bekerja dalam lembaga-lembaga pemerintah milik negara.
5. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
Akuntansi perpajakan bertugas melakukan penerapan aturan pajak negara ditempat perusahaan agar dapat ditentukan besarnya pajak yang dkenakan sesuai dengan aturan yang berlaku.
6. Akuntansi Penganggaran (Budgetary Accounting)
Akuntansi Penganggaran bertugas membuat perencanaan operasi dan keuangan perusahaan diwaktu yang akan datang dan membandingkan operasi-operasi yang sebenarnya dengan operasi-operasi yang direncanakan.
7. Akuntansi Manajemen ( Management Accounting)
Akuntansi Manajemen bertugas agar data akuntansi dapat dicatat dan diolah sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai alat bantu manajemen atau untuk pengambilan keputusan.
8. Akuntansi Lugu
Akuntansi lugu adalah bidang akuntansi yang bertugas melaksanakan kegiatan pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi dari lembaga-lembaga yang bertujuan tidak mencari laba, misalnya yayasan sosial, rukun tetangga, dan rukun warga.
9. Sistem Akuntansi (Accounting System)
Sistem akuntansi bertugas membuat teknik, metode, dan prosedur untuk mencatat dan mengolah data akuntansi yang berguna untuk pengawasn intern yang baik.
Haduh, kriting juga tangan saya ngetik segini banyak nya materi. Apalagi masih banyak materi yang harus saya posting dan jangan lupa materi nya hanya saya posting di ArsipAkuntansi Blog. Mungkin sampai disini dulu pelajaran hari ini. Semoga bermanfaat!!
Sumber :Buku Persamaan Dasar Akuntansi Siswanto,M.Pd.




















1 Response to "Macam-Macam Tugas Dari Setiap Profesi Akuntansi"

Categories